AUTHOR

OBGOLF

21 September 2020

Gavrilla Arya

Mengapa memilih untuk mendalami nutrisi tersebut?

Saya mengambil sertifikasi untuk nutrisi. Saya kan ambil jurusan Biologi dan lulus sebagai sarjana dengan spesifikasi di Kimia. Jadi saya tertarik dengan bidang itu dan mengambil sertifikasi tersebut untuk membantu orang-orang untuk memahami bagaimana makanan bisa menolong kebugaran dan kesehatan mereka dan juga atlet, termasuk dalam olahraga golf. 

Seberapa penting nutrisi bagi pegolf?

Para pegolf kadang berpikir bahwa mereka tidak terlalu memikirkan asupan mereka selama bermain golf. Padahal itu penting. We don't get brain bonked (otak kita tibatiba blank karena kecapaian). Kita main 18 hole. Jika tubuh kita tidak diisi dengan makanan-makanan dengan nutrisi yang tepat, otak kita akan cepat capai. Jika tubuh kita tidak mengonsumsi karbohidrat yang cukup, stamina kita akan terkuras, apalagi kalau kita bermain di bawah sinar matahari, bermain selama 4-5 jam. Banyak kasus pemain yang mengalami dehidrasi disebabkan tidak banyak minum atau minum minuman yang tidak tepat selain air. 

Ada pengalaman golf semasa kuliah yang terkait dengan nutrisi?

Ketika college, kami biasa main 36 hole sehari. Saya sering melihat atlet-atlet golf makan pancake dan waffle sebelum main. Itu kan makanan-makanan yang high glycemic carbs yang sulit untuk mempertahankan energi selama 36 hole. Anda akan merasakan sugar crash, kondisi tubuh kelelahan sehingga sulit berkonsentrasi akibat kadar gula dalam darah tinggi. 

Bagaimana dengan Gavi sendiri?

Sebelum kenal nutrisi yang tepat, saya makan roti gandum dengan selai cokelat. Tidak berpikir untuk mengonsumsi “bahan bakar” yang tepat. Namun, ketika sudah paham soal nutrisi, saya mengimplementasikan dengan makanan-makanan yang dibutuhkan untuk bermain golf. Lalu, membiasakan diri untuk rutin minum di setiap hole. Saya mengakui, fokus saya lebih baik, tidak mudah lelah, dan bisa mempunyai rencana dan strategi yang tepat dalam permainan saya. Saya merasa kondisi fisik saya sudah benar. 

Dengan pengetahuan nutrisi yang Gavi dapat sekarang, apa saran untuk makanan dan minuman yang tepat bagi pegolf saat bermain?

Makanan-makanan seperti oat, brown rice, dan wheat bread sangat baik sebagai sumber energi yang bagus sebelum main, dan juga makanan-makanan kaya protein. Saat putaran golf, pegolf sebaiknya meminum air elektrolit, yang mengandung mineral, seperti sodium, potassium, calcium, dan magnesium, untuk menggantikan cairan tubuh yang terkuras, terutama kondisi cuaca di Indonesia yang akan menguras banyak air dalam tubuh saat berolahraga.

Apa makanan dan minuman yang mesti dihindari saat putaran golf?

Makanan-makanan yang mesti dihindari ketika bermain golf adalah gorengan, seperti donut atau lain-lainnya, sedangkan minumannya adalah minuman yang banyak gula dan soda atau teh lemon. 

Bagaimana menurut Gavi dengan pendapat banyak orang yang mengatakan golf bukan olahraga yang berat?

Banyak orang berpikir bahwa golf bukan olahraga yang berat. Itu bukan pendapat yang tepat. Anda menghabiskan waktu 4-5 jam di lapangan. Jika bermain 36 hole dalam sehari, itu artinya lebih dari 10 jam. Kondisinya pun berbeda-beda. Seperti ketika saya sebagai atlet main di AS, bangun pagi hari dengan suhu udara 4 derajat celcius. Lalu, main dalam kondisi cuaca hujan atau dingin dengan salju. Anda bisa saksikan Rory McIlroy atau Dustin Johnson. Mereka melakukan swing dengan kecepatan club head yang super-cepat. Untuk bisa melakukan itu, mereka harus makan dengan nutrisi yang tepat dan latihan yang benar. Anda harus tampil powerfull sebagai seorang atlet agar bisa perform dengan baik. Karena itu, nutrisi dan fitness (kebugaran) merupakan dua faktor yang sangat penting dalam golf. 

Bagaimana me-matching-kan antara latihan kebugaran dan golf?

Fitness untuk golf sangat berbeda dari latihan kebugaran yang normal. Golf membutuhkan mobilitas dan fleksibilitas, dan juga power dan kekuatan. Jika tidak punya mobilitas, Anda tidak akan bisa melakukan swing dengan posisi club head yang tepat. Anda juga tidak bisa follow through karena Anda tidak memiliki fleksibilitas. tidak dapat menghasilkan tenaga dan kecepatan dari atas backswing Anda karena Anda tidak dapat mengumpulkan kekuatan di kaki kanan Anda, dan kemudian melepaskan kekuatan tersebut dan mengerahkannya melalui kaki kiri Anda. Jadi, Anda perlu keduanya bersamaan selama melatih mobilitas golf. Selain itu, untuk melatih fleksibilitas mobilitas golf Anda, Anda perlu melatih fleksibilitas Anda di gym yang mendukung gerakan golf Anda, seperti: melatih squat Anda, Anda perlu melatih push up dan pull up karena di situlah kekuatan dasar Anda berada, dan bagaimana mengubah kekuatan tersebut atau mengaplikasikan kekuatan tersebut ke dalam satu gerakan swing golf.

 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE